Kumpulan Catatan dan Cerita Anda

Buku Tamu yang lucu


2 minggu yang lalu, seperti yang pernah saya tulis, saya pernah kesal dengan pengurus pembuat KTP dan KK berinisial EK di desa Kondang Jaya, Karawang Timur tentang biaya pembuatannya yang tidak masuk akal dan tidak transparan sama sekali.
Setelah itu pula, tanggal 14 Juni 2010 saya coba bertanya via Buku Tamu di situs resmi Kabupaten Karawang (www.karawangkab.go.id) untuk sekedar mencari tau.

Awalnya saya salut melihat buku tamu ini, saya fikir ini adalah salah satu sarana yang bagus yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang untuk dapat berkomunikasi dengan masyarakatnya, secara 2 arah. Dan finally, berakhir kecewa.

Saya meng-klik tombol ”add new entry” pada Buku Tamu yang ada pada website tersebut. Kemudian muncul kolom yang harus saya isi, mulai nama, lokasi, email dan tentu saja message yang akan saya informasikan/tanyakan. Saya agak sedikit lupa detilnya yang saya tanya saat itu, tidak terlalu panjang, dan intinya simple saja, yang saya tanyakan tentang; ”Berapa standard biaya pembuatan KTP dan KK di Kabupaten Karawang, dan bagaimana isi Perda yang mengaturnya”.

Setelah saya isi message, saya tekan ”submit entry”, dan… muncul keterangan bahwa message telah disimpan. Hehe..memang, yang saya tulis tadi ternyata tidak mucul, disimpan katanya.

Hari ini, tepat lewat 14 hari saya mengajukan KTP dan KK, serta menulis message di Buku Tamu situs resmi Kab. Karawang tersebut. Hasilnya?

KTP dan KK belum jadi. Ketika saya tanya kenapa ke sdr EK (pengurusnya) di Kelurahan, katanya sedang ada masalah di pusatnya. ”Jangankan bapak yang tanggal 14, yang tanggal 7 aja belum jadi Pak..!”, dia menambahkan tanpa meresa bersalah. Wow…amazing..! Sibuk sekali orang-orang pemerintahan kita ya…?!?! Padahal, pas saya kemarin ngajuinnya telat 14 hari saja udah kena denda. Mmmm… mau gimana lagi, adil gak adil, karena kita bukan orang yang berpengaruh, ya telan aja bulat-bulat dan harus setuju kalo itu adil.. Beuh! Aing mah!!! Please deh… sia2 saya datang dan izin dari kantor hanya untuk sesuatu yang gak pasti gini.

Dan juga, alhamdulillah.. pertanyaan saya apalagi jawabannya di Buku Tamu situs Kab. Karawang juga GAK ADA TUH! Masih disimpan kayaknya, tapi entah ampe kapan..??? Mungkin juga pertanyaan saya terlalu unik, sehingga pantes untuk dimuseum-kan.
Sedemikian sulitnya kah pertanyaan saya yang simple itu, sehingga membutuhkan waktu untuk menjawabnya?
Bapak ini lucu..! Ya, kalo mudah mah, saya juga gak akan tanya Bapak atuuuhh..!

Ada sih tambahan 5 jawaban untuk pertanyaan yang berbeda di buku tamu tersebut, dan itu setelah saya. Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang biasa, diawali dengan ”TERIMA KASIH….”.
Ck..ck..ck… hebat, menjawab pertanyaan yang mudah-mudah saja, dengan jawaban yang seolah respek dan tak ada masalah.
Seandainya saya nulis message tentang hal-hal yang baik, pasti deh cepat dijawab, biasa.., ”TERIMA KASIH DAN DIINFORMASIKAN….bla, bla, bla…”

Hari ini, saya menulis dengan pertanyaan yang hampir sama seperti yang saya tulis 14 hari yang lalu, dan seperti biasa, ketika saya tekan ”submit entry” muncul informasi message saya telah disimpan. Disimpan sampai kapan? Hehe…Entahlah…., mudah-mudahan sih segera.
Jadi ingat tentang fasilitas sms komunikatif program presiden SBY dulu, yang ternyata yang menjawab adalah mesin otomatis. Saya juga jadi bertanya pula tentang situs ini, siapakah gerangan yang menjawab pertanyaan di Buku Tamu ini? Bupati kah? Atau orang yang berkompeten yang ditunjuk Bupati? Atau orang yang hanya magang di kantor Bupati yang hanya disuruh nulis? Pesuruh? Heuheu.. teuing ah!

Sebuah fenomena yang aneh…
Lucu deh Buku Tamu kalian, Pak..

One response

  1. Komara

    Akhirnya dijawab juga euy. Membuat KTP itu gratis katanya..
    but actual..???😦

    30.06.10 pukul 8:33 am

Tinggalkan Balasan

